Mobil Metro Tawon Bestel Wagon telah Lolos Uji Emisi


Metro Tawon Bestel Wagon Calon Pengganti"ANGGUNA"
Hasil Uji Emisi Mobil Tawon
Industri mobil nasional diperkirakan bakal semarak dengan mobil-mobil buatan dalam negeri. Selain mobil Esemka yang saat ini baru menjalani uji emisi, tiga mobil lainnya telah lolos dalam uji tipe dari Kementerian Perhubungan.  

Tiga mobil tersebut adalah Kancil, Inobus dan Tawon. "Mereka telah melalui pengujian tipe di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor di Bekasi dan dinyatakan telah lolos," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S Ervan di Jakarta.

Tiga mobil tersebut diajukan oleh masing-masing perusahaan produsennya, mobil dengan merk Tawon diproduksi oleh PT Sumber Gasindo Jaya, Kancil (Kendaaraan Kecil Irit Lincah) diproduksi PT Kancil, sedangkan Inobus yang bakal dijadikan bus untuk kota diproduksi oleh PT Inka.

PT Inka, selain memproduksi Inobus, juga sedang mengusulkan uji tipe untuk produk lainnya yaitu Gea. "Untuk Gea masih ada yang perlu diperbaiki lagi, sehingga belum lolos," tandasnya.

Menurut Bambang, dalam uji tipe produk mobil akan diperiksa seluruh fungsi dalam kendaraan tersebut. Beberapa pengujian yang penting antara lain adalah pada sistem  sistem rem, lampu, kemudi dan wipper.
Ditanya mengenai Esemka, Bambang mengatakan, mobil tersebut akan diperlakukan sama dengan mobil lainnya yang melakukan uji tipe. "Mereka bakal menjalami pengujian yang sama, jadi kalau ada yang belum memenuhi syarat maka akan diminta untuk diperbaiki lagi," tandasnya.

Dijelaskannya, bukan hanya produsen baru yang sering tidak memenuhi syarat, bahkan produsen mobil besar yang telah punya nama pun sering mengalami kendala seperti itu.

Bahkan ada sejumlah merk mobil yang harus di-recall karena sparepartnya ternyata tidak memenuhi syarat. "Kalau sudah lolos ternyata ada kendala maka akan direcall dan itu menjadi tanggung jawab produsen untuk memperbaikinya," tegas Bambang.

0 komentar:

Posting Komentar


 
Created by Dewa Yuniardi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan